STOP PRESS : Kepada Nara Sumber SINARPENA.COM Diharap untuk tidak melayani wartawan kami yang KTA dan Kartu liputan Persnya sudah habis masa berlakunya. Demikian , atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR Tegal Alur Jakarta Barat Study Tour Ke “ PELITA DESA “ Di ciseeng Bogor Jawa Barat

 



 Laporan Wartawan SINAR PENA.COM:  Imam  Rahmat

JAKARTA ,SINAR PENA.COM - Dengan Tema Kembali ke alam  “ Membangun Jiwa dan Jasmani Yang Sehat “ Keluarga besar KB –TKIT MUTMAINNAH , SDIT AL QOMAR Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat mengadakan kegiatan study tour untuk para siswa siswinya kesebuah kawasan  Ekowisata “ PELITA “ Ciseeng  tepatnya  Jl. H. Miing, RT. 01 / RW. 03, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat     Selasa 5/12/2023

Dalam kegiatan tersebut para orang tua siswa bisa mendampingi putra putrinya sekaligus panitia Study Tour pun sudah mempersiapkan berbagai program acara juga games  yang juga melibatkan para orang tua siswa. Selain itu juga diharapkan seluruh para siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR lebih dapat mengenal Alam serta terciptanya  jiwa serta jasmani yang sehat dari kegiatan Outbond tersebut.

 


 Untuk tempat Study Tour Ekowisata Pelita memiliki 4 area wisata. Ada area yang diperuntukkan khusus untuk siswa siswi usia TK sampai SD kelas 1. Ada area yang diperuntukkan bagi siswa siswi SD kelas 2-6, dan ada pula kawasan yang dibuka untuk wisatawan umum non rombongan dan tidak terbatas pada usia.

 

Rombongan KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR ketika sampai di Pelita Desa Ciseeng. Disambut dengan welcome drink berupa segelas teh manis dan jagung rebus. Setelah itu tidak membuang waktu lama pembagian kelompok dan perkenalan guide Pelita Desa.

Kegiatan diawali dengan Do'a  dan sambutan serta  safety briefing oleh wali kelas & guide Pelita Desa. bahwa selama berlangsungnya kegiatan  aktivitas di area Pelita Desa , agar  menggunakan kaos kaki serta sarung tangan. Setelah itu ada sesi foto bersama.

 


Di area seluas +-3 hektar, rombongan siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR didampingi oleh wali kelas beserta team dari pihak sekolah & guide Pelita Desa langsung menuju area outbound. Setelah itu untuk para orang tua siswa siswi melakukan beberapa Games untuk memeriahkan kegiatan study tour di halaman luar aula oleh guide Pelita Desa.

 

Adapun untuk susunan Rundown Outbond acara yang berlangsung seperti berikut :

 

Warming Up,Vampir cina,Tarik tambang ,Hula hop,Human Tower,Pipa bocor,Transfer pipa,Rakit kita,Bakiak,Burma bridge,Jembatan goyang,spider blok,flying fox,X cave,Titaan ban.

Selain itu  ada juga beberapa program seperti berikut : program pak tani , program tanah liat , program sapi perah , seperti yang dijelaskan oleh Een Muflihat S.Pd Guru wali kelas 1A MAKKAH SDIT AL QOMAR.

 


 “ Untuk kegiatan  Program tanah liat para siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR terlihat sangat trampil sekali. Lalu setelah melakukan keterampilan program tersebut pada pukul 10.00 WIB siswa siswi diarahkan untuk jeda terlebih dahulu untuk berisitrahat sejenak dan mendapatkan sajian Mie Bakso.  Setelah itu para siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR melanjutkan kegiatan Outbond tersebut. Banyak keseruan mereka saat mengunjukan adrenalin kebolehanya setiap permainan yang dilakukan dicoba satu persatu,” ujar Een Muflihat S.Pd.

Sedangkan untuk program Pak tani para siswa siswi mendengarkan briefing dari guide Pelita Desa, terlihat sangat gembira sekali saat memperaktikan seperti, menanam padi, menumbuk beras, menampi beras,membajak sawah serta memerah susu sapi.

 


Sebagai penutup,para siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR diperbolehkan masuk ke dalam kolam ikan yang dangkal. Asyiknya berenang menangkap ikan sambil menjerit kegirangan, sangat terlihat semangat mereka setelah melakukan kegiatan ujian sumatif akhir semeter ganjil (SAS) tahun ajaran 2023/2024 dibulan november lalu .

 

Hari semakin siang, area Outbond Pelita Desa  pun semakin ramai oleh rombongan sekolah lain yang juga melakukan kegiatan serupa, maka kegiatan-kegiatan Outbond Pelita Desa dilakukan bergantian dengan rombongan lain. Menurut info dari salah satu Guide Pelita Desa , daya tampung per hari di Pelita Desa Ciseeng ini dapat mencapai 1.500 orang dari beragam sekolah, terutama TK.

 

Dengan kondisi siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR yang basah kuyup penuh lumpur,mereka sangat Senang Dan Gembira setelah melakukan aktivitas kegiatan Outbond di Pelita Desa.

 


Seluruh siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR  bergegas membersihkan diri,dan melakukan kegiatan sholat dzuhur berjamaah.

Lalu setelah itu mendapatkan hidangan makan siang berupa nasi box, untuk makan bersama sambil menunggu waktu pulang pukul 15.00 WIB dan berkumpul bersama menuju area parkir Bus.

Pada saat di pintu keluar setiap siswa siswi KB-TKIT MUTMAINNAH SDIT AL QOMAR mendapatkan oleh-oleh berupa seekor ikan hias gratis dari pihak Pelita Desa .

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama